Bahaya Tertidur Dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik

Tidur merupakan kebutuhan manusia. Dengan tidur metabolisme tubuh diatur kembali, sehingga tubuh dapat meregenerasi sel-sel yang telah mati.

Tahukah Anda cara mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas ?

Salah satu caranya yaitu tidur dengan mematikan lampu dari jam 9 malam sampai jam 8 pagi agar mendapat hormon metalonin secara maksimal.

Hormon Melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar di dalam otak yang pembentuknya dipicu oleh gelap dan berfungsi mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur. Kadarnya paling tinggi didapatkan pada pagi hari sekitar jam 02.00 sampai 04.00 dan paling renah pada sore hari. Ini juga menjawab kenapa orang semakin bertambah usia semakin sedikit tidurnya, karena secara alamiah di sore hari. Ini juga menjawab kenapa orang semakin bertambah usia semakin sedikit tidurnya, karena secara alamiah, produksi hormon metalonin ini juga akan mengalami penurunan, sejalan dengan pertambahan usia manusia. Penurunan yang drastis biasanya terjadi ketika usia sekitar 40 tahun, sehingga dengan menurunnya hormon ini maka kualitas tidurpun akan menurun dan sering berefek pada kesulitan tidur.

Meman pada sebagian orang yang merasa tidak nyaman, atau bahkan tidak bisa tidur pada kondisi gelap. Namun jika melihat manfaat atau dampaknya, hal ini perlu juga diperhatikan. Antara lain dengan kondisi tidak tidur di bawah pencahayaan langsung, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Matikan Televisi dan Musik

Kebiasaan tidur sambil televisi menyala atau mendengarkan musik sampai tidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit dihilangkan dan pada sebagian orang kondisi tersebut dapat membuat mereka cepat tertidur. Tetapi pada kenyataannya setelah terbangun mereka merasa lebih stress, bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur.

Jadi sebaiknya matikan televisi dan musik serta lampu pada saat tidur agar didapatkan kualitas tidur yang berkulitas.

Happy Blogging.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...